Rabu, 16 Oktober 2013

PEMBAHASAN DISKUSI FONETIK ALAT-ALAT BICARA MANUSIA



PEMBAHASAN DISKUSI FONETIK ALAT-ALAT BICARA MANUSIA


hayy.. kawan ada postingan di luar ilmu admin nie..
numpang ngepost aja deh nie artikel temen


 
KELOMPOK 1

Pertanyaan dari kelompok lain:
1.      Erna Hidayati. S
Pertanyaan: Jelaskan organ-organ tutur yang relatif tidak dapat bergerak pada waktu terjadi proses produksi ujaran dan merupakan titik sentuh bagi artikulator?
Jawaban: Organ-organ tutur yang termasuk titik artikulasi antara lain; bibir atas, gigi, lengkug kaki gigi, langit-langit keras, langit-langit lunak.
2.      Septina Dyah
Pertanyaan: Apa manfaat fonetik akuistik dan contohnya?
Jawaban: Fonetik Akustik juga disebut sebagai fonetik fisis yaitu studi fonetik yang  mempelajari bunyi bahasa sebagai peristiwa fisis, fenomena alamiah. Berdasarkan studi fonetik akustik ini, bunyi-bunyi ujaran itu dapat didengar karena bunyi-bunyi itu gejala fisika yang berupa gelombang-gelombang bunyi yang mengalir bersama udara.
Contohnya: pembuatan piringan hitam, dan jaringan telepon.
3.      Adatya Tri H
Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan sifat fisis ilmiah?

Jawaban: yang dimaksud dengan sifat fisis ilmiah adalah gejala fisika yang berupa gelombang-gelombang bunyi yang mengalir bersama udara.


4.      Wahyu T
Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan penyempitan?

Jawaban: Proses produksi bunyi dapat menyempit maupun melebar sehingga terbentuk 4 proses membuka dan menutup pita suara antara lain:
a.       Dengan posisi terbuka lebar aliran udara tidak tergetar sehingga tidak melahirkan bunyi, posisi ini terjadi pada waktu bernafas biasa.
b.      Terbuka agak lebar sehingga udara yang mengalir tergetar lemah. Pada posisi ini, akan menghasilkan bunyi-bunyi tak bersuara, yaitu bnyi-bunyi yang mudah luluh,seperti: k,p,t,s, dsb.
c.       Terbuka sempit, pada posisi ini aliran udara tergetar kuat, sehingga menghasilkan bunyi-bunyi bersuara. Bunyi-bunyi bersuara termasuk bunyi yang dapat luluh, misalnya: b,d, t,s, dsb.
d.      Tertutup rapat, pada posisi ini aliran udara tertutup total dan baru mengahsilka bunyi ketika udara itu dilepas dilepas secara stimulan. Bunyi yang dihasilkan adalah bunyi glotal stop. Contohnya: (ra’yat)
Fungi glotis adalah bisa bergerak sesuai otak, bisa menyempit atau melebar.

5.      Wahyu Andriani
Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan alat ucap itu juga memiliki fungsi utama lain yang bersifat biologis?

Jawaban: dapat disebut memiliki sifat biologis karena pada dasarnya fungsi utama dari mulut, lidah, bibir, gigi, paru-paru dan organ lainya adalah organ-organ yang berfungsi dalam proses pencernaan biologis manusia, seperti gigi untuk mengunyah makanan, lidah untuk mengecap rasa, paru-paru untuk bernafas dan sebagainya. Namun, dalam fonetik organ-organ tersebut membantu dalam proses pengucapan atau terjadinya sebuah bunyi.



sumber : Rere mere

semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

ilmu web pemula

Recent Posts

STMIK AMIKOM Yogyakarta

E-learning Amikom Research Amikom Wisuda Amikom PMB Amikom Kabar IT